YouTube MikroTik Layer 7 terbaru

YouTube termasuk situs terpopuler hingga saat ini, hampir di seluruh dunia YouTube menjadi sarana tontonan yang sangat digemari lewat online. Salah satu contoh di lingkungan WarNet, hampir setiap pengunjung yang hadir disela-sela waktu mereka sedang asik chating dengan pacarnya atau sibuk maen game rata-rata mereka selalu membuka situs ini untuk menonton lagu kesukaan mereka. Nah kali ini DSI akan sedikit berbagi Tips & Trik mengenai bagaimana caranya “Blok dan limit YouTube MikroTik dengan Layer 7”. Mungkin tutorial seperti ini banyak sekali bertebaran di google, namun banyak  juga yang gagal untuk limit nya. Kita disini tujuan utamanya limit Video YouTube ketika di putar atau di download, bukan seluruh isi domain YouTube di limit juga. Pada kesempatan kali ini DSI akan berbagi Layer 7 untuk YouTube MikroTik versi terbaru, kenapa saya bilang versi terbaru. karena YouTube sekarang standar nya sudah https, jadi sedikit perlu hati-hati dalam penggunaan layer 7 nya.

Regex Layer 7 Youtube Mikrotik

Langkah pertama yang anda lakukan adalah menambahkan ‘regex’ layer 7 YouTube MikroTik, caranya buka winbox lalu masukan script dibawah dengan terminal winbox:

/ip firewall layer7-protocol
add name=youtube regexp="r[0-9]+---[a-z]+-+[a-z0-9-]+\\.googlevideo\\.com"

Ketika anda paste ke terminal kemudian enter, pastikan script anda sudah masuk dengan benar, anda bisa cek langsung di “/ip/firewall/layer7” jika sudah ada berarti langkah pertama sudah aman.

Lanjut langkah yang kedua, tujuan script dibawah ini adalah, menangkap koneksi Video YouTube saat diputar atau di download dengan layer 7 yang sudah kita buat di atas, kemudian dari koneksi tersebut barulah kita menandai paket nya yang nantinya kita teruskan ke ‘queue’ MikroTik. Kadang cara menandai koneksi layer 7 setiap orang berbeda-beda walaupun tujuan nya sama, jadi suka-suka anda saja mau seperti apa, yang terpenting regex untuk layer 7 nya pakai yang ini.




/ip firewall mangle
add action=mark-connection chain=prerouting layer7-protocol=youtube new-connection-mark=yt_vid_conn src-address=192.168.2.2
add action=mark-packet chain=prerouting connection-mark=yt_vid_conn new-packet-mark=yt_vi_pkt passthrough=no

Terakhir kita masukan paket koneksi diatas ke queue, disini saya contohkan menggunakan queue simple.

/queue simple
add max-limit=128k/256k name=Youtube packet-marks=yt_vi_pkt target=192.168.2.2/32

Untuk hasil penampakan pada MikroTiknya anda bisa lihat gambar berikut:
youtube_l7

Silahkan anda buktikan sendiri, bahwa jika anda menggunakan regex layer 7 tersebut maka yang akan di limit adalah koneksi video nya saja, bukan seluruh isi domain YouTube akan kena imbas nya juga. lalu bagaimana jika mau blok/drop, anda tidak perlu pusing tinggal queue untuk YouTube tersebut masukan dengan nilai limit 1kbps, maka secara otomatis ketika user menonton atau download youtube tidak akan jalan sebagaimana semestinya hehhe.

Semoga Tips & Trik kali ini bisa bermanfaat buat anda-anda semua, dan menjadi pengobat kegelisaan masalah bandwidth yang habis di makan user yang doyan YouTube hehe.

58 Comments

Silahkan tinggalkan komentar: